Ujian?? Santai Saja Teman..


Kawan remaja, tinggal menunggu hitungan detik menuju ujia. Deg-degan pastinya, soalnya nasib kamu tergantung sama hasil nilai dari ujian yang hanya berlangsung. Bukan bermaksud menakuti-nakuti, tapi memang begitulah yang terjadi dari tahun ke tahun.

Terus bagaimana dong solusinya? Tenang kawan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, antara lain:

1. Baca, baca, baca

Ini nih yang paling malas kawan remaja lakukan, membaca. Apalagi untuk membaca buku pelajaran. Hayo ngaku? Padahal, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari membaca lho.. Nggak perlu nggoyo menghabiskan berhalaman-halaman buku dalam satu waktu, cukup satu materi pelajaran setiap hari. Sedikit tapi teratur, itu lebih efektif dibandingkan dengan sks atau sistem kebut semalam.

2. Nyaman

Sebelum memulai belajar, buat dirimu merasa nyaman. Usahakan perut kamu dalam keadaan kenyang, karena perut yang keroncongan malah membuat pikiranmu terfokus pada makanan saja. Begitu juga dengan tempat kamu belajar, harus rapi dan bebas ‘gangguan’. Untuk sementara simpan dulu handphone dan gadget yang kamu miliki di tempat yang ‘aman’.

3. Musik

Percaya nggak kalau mendengarkan musik bisa meningkatkan kinerja otak? Bisa pilih, mau dengerin radio saat penyiar favorit kamu bercas-cis-cus sembari request lagu atau mainkan lagu-lagu kesukaanmu di Ipod.

4. Latihan

Khusus untuk pelajaran yang berhubungan dengan angka, seperti matematika, fisika maupun biologi harus rajin mengerjakan soal nih. Kalau kesulitan belajar sendiri, kamu bisa ajak teman-teman untuk belajar bersama. Lumayan kan, bisa berbagi ilmu atau bahkan trik mengerjakan soal dengan cepat.

5. Jadwal

Untuk memudahkan dan mendisplinkan dirimu nggak ada salahnya membuat jadwal belajar. Atur waktunya sekitar 1-2 jam tiap harinya untuk belajar dan mengerjakan soal. Kalau perlu minta tolong mama dan anggota keluarga lain untuk mendukung jadwal belajarmu ini dengan nggak mengganggu di saat jam belajar kamu. Tapi, harus digarisbawahi nih, bahwa kamu benar-benar belajar.
Tags:
Silakan beri komentar..

0 komentar

Leave a Reply